selamat malam semua... kali ini bukan cerpen yang akan disajikan tetapi sedikit pengetahuan yang akan disuguhkan, but still. i hope you enjoya it
Permainan kreatif untuk anak SD
Apabila kita berbicara mengenai
maka permainan ada banyak sekali jenis dengan berbagai jenis peraturan yang
menarik setiap anak kecil untuk bermain. Sayangnya sekarang lebih banyak
permainan yang dimainkan melalui gadget daripada harus melakukan permainan yang
menguras tenaga. Kita setuju apabila anak kecil melakukan banyak kegiatan yang
mengasah akal dan fisiknya maka akan senantiasa bahagia, jadi apakah yang perlu
kita lakukan?
Setiap permainan diciptakan pasti
memiliki makna dibaliknya, tak terkecuali permainan sederhana yang dapat
dilakukan di dalam ruangan sekalipun. Berikut terdapat beberapa permainan yang
dapat mengasah beberapa keterampilan.
a.
Permainan
kelipatan
Jumlah peserta:
bebas
Alat/bahan : -
Cara bermain :
1.
Pemimpin permainan meminta peserta berdiri/duku
melingkar maupun tetap pada posisi berbanjar
2.
Pemimpin
menjelaskan bahwa peserta secara berurutan akan berhitung. Ketika tiba pada
giliran peserta yang angkanya merupakan kelipatan tertentu, misalkan 4 peserta
harus meneriakan kata ZIP atau bertepuk tangan satu kali. Misalnya satu..
dua... tiga...ZIP... lima... enam...tujuh ...ZIP... dst. Demikian seterusnya
hingga peserta terakhit berhitung memutar.
3.
Jumlah kelipatan bisa disepakati bersama dengan
peserta.
4.
Peserta yang keceplosan
pada saat ia harus mengucapkan ZAP atau bertepuk tangan satu kali justru
mengucapkan bilangan kelipatan maka ia akan mendapatkan ‘hukuman’ tertentu.
Misalkan harus menyayi sebuah lagu, berdiri dengan satu kaki sampai semua ada
beberapa anggota kelompok yang juga di hukum, dll.
Makna permainan:
Pemimpin ingin membangun konsentrasi peserta dalam hal
matematis dan kekompakan.
b.
Singkatan
nama
Jumlah peserta:
maksimal 30 orang
Alat/bahah : kertas HVS atau kertas lainnya
Cara bermain :
1.
Pemimpin permainan membagikan kertas dan alat
tulis kepada setiap peserta;
2.
Peserta diminta menuliskan nama penggilannya
dengan di tulis secara vertikal, lalu membuat kepanjangan huruf-huruf yang ada
dalam namanya.
Misalnya :
S à
Suka menolong
R à Ramah
I à Indah sekali
3.
Setelah selesai, setiap peserta diminta membaca
kepanjangan nama penggilan mereka masing-masing dan temannya.
Makna permainan:
Permainan ini mengajak peserta cepat mengenal peserta
lain lewat singkatan yang dibuat unik dan lucu.
c.
Gambar
diri
Jumlah peserta :
bebas
Alat/bahan : kertas HVS / kertas lainnya dan alat
tulis/alat mewarnai
Cara bermain :
1.
Pemimpin permaianan meminta peserta perpasangan.
2.
Pemimpin membagikan kertas dan alat tulis (atau
alat tulis/mewarnai sudah dimiliki oleh perserta permainan)
3.
Setiap pasangan diminta menggambarkan
pasangannya sesuai dnegan ciri khasnya.
4.
Setelah selesai, masing-masing peserta
menceritakan gambar diri pasangannya.
Makna permainan:
Permainan ini mendiring peserta agar mengenal lebih dekat
ciri-ciri peserta lain dengan media menggambar.
Sumber :
dikutip dari Santosa, Vincetius
Endy dan Iin Mendah Mulyani. 2008. 100
Permainan Kreatif untuk Outbond dan Training. Penerbit ANDI Yogyakarta.
n.p those pict from anime natsume yuujinchou.... i got this one from
https://www.google.com/url?sa=i&rct=j&q=&esrc=s&source=images&cd=&cad=rja&uact=8&ved=&url=https%3A%2F%2Fwww.pinterest.com%2Fpin%2F426786502168295372%2F&psig=AFQjCNGucFQYZr7_VNt2SW3Vx9zNGGZOnQ&ust=1504109450031527
EmoticonEmoticon